Thursday, July 20, 2017

Penyebab AC netes atau bocor air pada indoor

Kenapa ac netes air pada indoor,Pertanyaan ini yang paling sering terucap dari banyak penggguna ac,,kita cek yuuuuukkk!!!
Kebocoran air pada unit Indoor AC sering terjadi akibat tersumbatnya aliran pembuangan air dari AC. Penyebab tersumbatnya adalah adanya kotoran debu yang mengeras dan menggumbal pada alur aliran air pembuangan.
Cara mengatasi lubang drain air yang tersumbat tersebut adalah dengan melakukan penyemprotan pada bagian lubang pembuangan air pada indoor AC.
Netesnya air bisa juga terjadi akibat tersumbatnya aliran indoor AC pada bagian belakang indoor, untuk menanggulangi tersumbatnya aliran AC pada bagian belakang di sarankan untuk melakukan “pencucian besar “ mencuci dengan menurunkan semua bagian indoor AC. Untuk melakukan hal ini tentunya harus di lakukan oleh seorang teknisi AC. Karena akan ada proses pelepasan pipa pada sambungan di indoor.
Sebagai langkah awal anda bisa melakukan penyemprotan pada bagian lubang depan indoor.
Langkah-langkah menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC) adalah sebagai berikut:
1. Cabut steker listrik untuk menghindari konslet .
2. Buka Cassing  AC indoor.
3. Cari lubang drain air, lalu pasang selang kecil sebagai alat untuk menyemprotkan tekanan air.
4. Semprot atau tiup selang dengan menggunakan air
5. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih. Bila kita lihat pipa drain di bawah akan terlihat gumpalan kotoran yang menyumbat lubang pembuangan air.
6. Setelah selesai lalukan pemasangan cassing indoor seperti semula.

3 comments:

  1. gan kalo sampe keluar es kenapa tuh? AC Gree saya udah sekitar 2 bulan blm dibersihkan soalnya..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mas, bisa dikasih gambarannya engga untuk masalah mengatasi mesin pendingin indoor bocor, soalnya saya masih pemula, mau mencoba tapi masih takut, dan mungkin nama sparepart ac yang berada di unit indoor pun saya belum tau.

    ReplyDelete